27 Juli 2008

Belajar Service Komputer ^_^

Untuk yang pengen belajar service komputer sendiri silahkan posting disini ;).
Kita saling berbagi, ilmu hanya titipan dari Allah SWT, tidak akan pernah berkurang ilmu itu sendiri jika kita mengajarkan kepada orang lain, dan dengan ijin-Nya pula ilmu kita sendiri akan bertambah...
Jadi...untuk yang newbie silahkan bertanya dan bagi yang expert silahkan membagi pengalamannya kepada mereka yang sedang dalam "kesusahan". ;)

Service komputer sendiri??? why not??? sebelum kita "melemparkan" komputer kesayangan kita kepada tenaga ahli, kenapa kita tidak mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu??? kemungkinan anggapan yang kita pikir bahwa komputer kita ini rusak berat belum tentu benar. Banyak situ-situs yang memberikan solusi akan perbaikan komputer, cobalah untuk oprek dan bertanya di forum-forum...hitung-hitung nambah pengalaman kita sendiri dalam masalah service komputer...sapa tau nanti bisa buka service komputer sendiri (cari tambahan penghasilan booo...) who's know??? :)) :))

Nah berikut ada beberapa tips gimana sih buat service komputer sendiri, jadi kita ngga perlu repot2n bawa ke tukang service.

Jika komputer kamu rusak maka hal yg pertama kamu lakukan adalah “jangan panik” Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Check kondisi listrik yg terhubung ke komputer(CPU) kamu, apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.

2. Jika sudah benar, check pemasangan kabel2 yg terhubung ke komputer, pastikan semuanya sudah terpasang pada tempatnya.

3. Periksa kondisi monitor, Apakah lampunya kedip-kedip(stand by), hijau muda/kuning(normal), atau merah/orange(lost signal).

4. Pastikan ketika anda menekan tombol power, maka lampu yg ada pada casing menyala, , jika tidak menyala, check apakah fan pada power supply berputar, kalo mati berarti ada masalah dengan sambungan listrik kamu.

5. Dengarkan bunyi BEEP setelah kamu menekan tombol power. Jika tidak terdengar, maka ada masalah pada hardware kamu. Bunyi standar adalah suara BEEP 1 kali. Jika terdengar bunyi beberapa kali, hardware anda bermasalah.(BEEP 1x panjang =memory (RAM) trouble, BEEP 1x panjang & 3 x pendek = VGA bermasalah). Cobalah perbaiki posisi dari RAM itu sendiri dan bila perlu pindahkan ke slot yang lain (biasanya slot RAM pada Mainboard minimal ada dua), membersihkan RAM dengan menggunakan karet penghapus juga kadang membantu.

6. Cobalah untuk test satu-satu fungsi hardware yang ada dalam Mainboard. Lepas satu-satu kabel power yang melekat pada masing-masing hardware (HD, Floppy, CD room).

7. Membersihkan jeroan komputer dengan rutin dari debu dengan kuas biasanya sangat membantu dan dapat membuat awet komputer kita, tapi ingat!!! be carefull ;)

Silakan mencoba!

Jika ada pertanyaan silahkan....saya coba dengan sedaya upaya untuk membantu mencarikan solusinya. Dimohon juga bagi yang sudah mengalami untuk berbagi, karena saya juga adalah newbie. Trims !! ;)


20 komentar:

  1. Mau tanya nih mbak....kalau masalah komputer waktu dihidupin tapi gak ada tampilan di monitornya gimana ya mbka??? padahal cpu nya hidup...trims untuk jawabannya

    BalasHapus
  2. Coba di Clear CMOS dulu...biasanya masalah ada disitu. caranya bateray CMOS di lepas untuk beberapa saat, kemudian dipasang kembali dan hidupkan kembali komputernya.

    BalasHapus
  3. Mas saya mau tanya...laptop toshiba tidak bisa di install xp...pas dilayar biru instalasi xp...kan di bawah nya ada bacaan starting windows..terus langsung muncul bacaan "panjang banget saya ngga hapal"...intinya hdd di laptop tidak terdetect....hdd laptopnya toshiba,,mas tolong minta bantuan yah dan pencerahannya.

    BalasHapus
  4. Cuma mau nambahin ada yang salah ketik

    Mas saya mau tanya...laptop toshiba tidak bisa di install xp...pas dilayar biru instalasi xp...kan di bawah nya ada bacaan starting windows..terus langsung muncul bacaan "panjang banget saya ngga hapal"...intinya hdd di laptop tidak terdetect....hdd laptopnya toshiba tipe SATA,,mas tolong minta bantuan yah dan pencerahannya.

    BalasHapus
  5. xp not support sata drive when install, just edit your iso with nlite. done

    BalasHapus
  6. untuk komputer dinyalakan tp gak ada gambar di monitor alias blank...biasanya memori..cb dipindah memorinya ke tetangganya...atau pasang ulang memorinya...cb memori temen pasang di cpu anda...takhir bl memori baru pasang...kl masih gak mau jg, MB bmasalah.
    laptop/cpu sata gak bs diinstal xp cb masuk bios..pasa pilihan sata/raid pilih IDE...itu krn XP gak suport sata...jd buatlah sata anda solah2 IDE...

    BalasHapus
  7. assalamu'alaikum
    non kalo anti ada waktu mau ndak kita yman mo sharing ttg komputer barangkali kita bs tukar ilmu yg bermanfaat, ni ym ku bocahmlarat@ymail.com
    syukron
    wassalamu'alaikum.......

    BalasHapus
  8. asskum,,,? bu,,, mo nanya klo hardisk detecnya ATENA gmn ya,,,? solusinya,,,,? ahmedsafei@yahoo.com

    BalasHapus
  9. assalamualaikum,mau tanya mbak apa masalahnya bila monitor kabel VGA nya dicolokin ke cpu lampu indikatornya ngedip2,tanks
    saya tunggu jawabanya di adeva_medioen@yahoo.com

    BalasHapus
  10. salam mualaikm klu laptop sama g ya mbak yg cantik??

    BalasHapus
  11. Salam kenal.. wah blognya bagus bisa jadi petunjuk.. tuker link gmn??

    BalasHapus
  12. asalamu'alaikum

    salam kenal dan sama2 belajar ya..

    mari tukar link

    BalasHapus
  13. asalamu'alaikum..............

    mo tanya,apa masalah dari monitor gambarnya goyang............ tq

    BalasHapus
  14. berapa sih kalau beli cd os windows xp yang asli.

    BalasHapus
  15. askum aku agus ni mbak aku mau tau cara format komputer dan instal again.agar laptopku bisa balik lagi seperti semula.soalnya aku sekarang di saudi lom sepenuhnya bisa bahasa.jadi kan aku repot low mau ke bengkel,lagian kan mahal.gimana ni mbak?
    tolongin dunk?aku pakek laptop acer aspire 5732z
    windows7. ni imail ku: furniturejati@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Askum. mo nambah share aza ni.
    Pengalaman q dulu, kalo laptop ga' mau di install, atau bahkan BLUE SCREEN, itu disebabkan ((1))ada sector yang BAD (Bad Sector)pd HDD, jadi kita harus cek bad sectorx dulu, low q pake software yg bootable (HDD Generator), jadi g perlu xp.

    ((2)) System Bawaan (maaf g tau istilahx)pd laptop itu sendiri, biayasax dilaptop terdapat LABEL untuk system, misalkan laptop itu berlabel LINUX, biasanya g mau di instal xp.
    Thank'z

    BalasHapus
  17. asskum,,,,,,mbk Q mw nnya ne,komputer punyaQ kok lemot banget knp z??? padahal mnurutQ speck-nya gag jelek" amat. dualCore HD 160 sata,1GB RAM n baru t'install windows Xp pula,tp te"p aj lemot,
    mohon dibalez ea.... mkch sbLmNya,, mas_achan@rocketmail.com

    BalasHapus
  18. Assalaaamu`alaikum.......
    Mw tanya,klo komputer sering mati mendadak tp lampu CPU n monitor menyala.Mhn jawbn nya?

    BalasHapus
  19. saya ada masalah monitor advance saya tadinya hidup layarnya bergoyang goyang lalu mati dan setelah saya cek ada resistan yang kebakar dan nilainya tidak terbaca lagi.

    BalasHapus
  20. mw tanya, keyboard komputer saya rusak. tombol delete sama tombol space nya gak jalan. itu knapa y mbak? dan bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus

Powered By Blogger

Postingan Shidqii.blogspot.com